IPv6: Jaman Baru Internet, Menyediakan Lebih Banyak Persediaan Alamat Web


Salah satu peng-upgrade-an teknis terbesar dalam sejarah Internet berlangsung kemarin saat perusahaan-perusahaan raksasa seperti Google dan Yahoo meng-upgrade sistem mereka.

Microsoft dan Facebook mengganti sistem operasi merekadari IPv4 menjadi IPv6 untuk memuat lebih banyak alamat web.

Pengguna web lain juga harus mengganti tapi belum perlu sampai beberapa tahun kedepan. Pengetesan sistem operasi baru ini nampaknya akan memastikan Internet akan berjalan lebih mulus di tahun-tahun mendatang.

Hal ini didesak oleh banyak perusahaan besar sebab pada September tahun ini, persediaan alamat web di Internet nampaknya akan habis. Setiap alat yang Anda gunakan, entah itu komputer atau smartphone, memiliki alamat Internet Protocol (IP) sendiri-sendiri.

Internet dibangun berdasarkan IP versi 4 (IPv4) yang memiliki batasan yang lebih tinggi, yaitu sekitar empat triliun alamat web.

Pada tahun 1970an ketika IPv4 baru muncul hal ini kelihatannya cukup tapi ketika ledakan pengunaan Internet menyebabkan penipisan yang cepat.

IPv6 menggunakan angka-angka yang lebih panjang untuk menambah lebih banyak alamat web. Sistem baru ini memiliki ruang bagi 340 undecillion atau tepatnya:

340,282,366,920,938,000,000,000,000,000,000,000,000 alamat web.


Maka tanggal 8 Juni kemarin disebut sebagai 'hari IPv6 Dunia'.

Bagi pengguna domestik peng-upgrade-annya akan semudah mendownload software tertentu.

Namun bagi perusahaan-perusahaan mereka harus membayar untuk berinvestasi di sistem yang baru.

"Kebanyakan orang (99.95%) akan bisa mengakses layanan tanpa gangguan: meskipun mereka terhubung melalui IPv6 atau sistem mereka akan bisa tetap berjalan melalui IPv4," tulis Google pada blog resminya.


"Akan tetapi, seperti teknologi generasi-teks lainnya, mungkin akan ada beberapa kesulitan. Kami memperikrakan bahwa 0.005% sistem bisa gagal untuk tetap berjalan di IPv4, sehingga beberapa orang mungkin akan menemukan Google, Facebook, Yahoo, Bing dan website-website lain yang berpartisipas melambat atau tidak merespon pada Hari IPv6 Dunia."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar

Mukulin Rumah Pake Roti? Inilah 6 Tradisi & Kepercayaan Unik Seputar Tahun Baru

 Ada banyak tradisi dan kepercayaan seputar tahun baru dari berbagai negara dan budaya. Kalau di daerah atau keluarga kamu tradisinya sepert...