Antimateri Berhasil Ditempatkan Selama 16 Menit

Ilmuwan telah berhasil menempatkan anti-materi, substansi misterius yang digunakan sebagai senjata pemusnah massal dalam novel karya Dan Brown.

Peneliti di CERN, rumah bagi Large Hadron Collider, telah membotolkan antimateri pada 2010, menjaga atom-atomnya tidak terpecah walau hanya satu detik.



Namun CERN kini telah berhasil menempatkan materi yang terbuat dari hidrogen itu selama 16 menit, 5,000 kali lebih lama dari percobaan sebelumnya.


Dalam penelitian disebutkan bagaimana percobaan ALPHA di CERN menciptakan sebuah botol magnetik, sebuah magnet super-konduktif, yang menahan antiatom-antiatom dari kontak dengan dinding-dinding botol, untuk menempatkan antihidrogen itu.


Ilmuwan menjaga antimateri itu selama hitungan menit di lab selama hampir 10 tahun tapi mereka berusaha untuk memperpanjang waktunya sebab antimateri akan langsung hancur jika ditempatkan secara konvensional.


Ilmuwan penelitian Prof. Makoto Fujiwara mengatakan, "Kami telah menahan atom-atom antihidrogen selama setidaknya 1,000 detik. Itu hampir sama dengan lamanya satu periode pertandingan hoki! Ini sangat berpotensi sebagai cara baru dalam penelitian antimateri."

Dalam novel dan film Angels & Demons karya Dan Brown, diceritakan sebotol antimateri dicuri dari CERN oleh sebuah perkumpulan rahasia, yang kemudian mengancam untuk menggunakannya sebagai senjata pembunuh massal.

Setengah gram saja dari antimateri bisa menghancurkan dengan kekuatan 20 kali ledakan Hiroshima! Namun CERN mengatakan itu akan membutuhkan waktu triliunan tahun untuk membuatnya seberat itu saja.

CERN juga menyebutkan bahwa antimateri sangat aman. "Akan sangat berbahaya jika kami bisa membuat beberapa gram saja, tapi itu akan memakan waktu triliunan tahun."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar

Mukulin Rumah Pake Roti? Inilah 6 Tradisi & Kepercayaan Unik Seputar Tahun Baru

 Ada banyak tradisi dan kepercayaan seputar tahun baru dari berbagai negara dan budaya. Kalau di daerah atau keluarga kamu tradisinya sepert...