Ilmiah: Menyibukkan Diri Membuat Kita Lebih Bahagia

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, peneliti menunjukkan bahwa orang-orang sibuk (busy) lebih bahagia daripada mereka yang menganggur atau malas (idle). 

Tapi sebuah tim peneliti dipimpin oleh Christopher Hsee, Booth Sekolah Bisnis di Universitas Chicago, mengatakan studi menunjukkan bahwa saat diberi pilihan orang akan memilih malas. 

Di paper itu, Hsee dan rekan-rekannya mengatakan sifat ini berasal dari evolusi awal ketika nenek moyang kita menghemat energi yang diperlukan untuk bersaing untuk sumber daya yang langka. 

"Mengeluarkan energi tanpa tujuan bisa membahayakan kelangsungan hidup," tulis mereka. 

Meskipun masyarakat modern tidak membutuhkan pengeluaran energi besar untuk bertahan hidup, "kecenderungan pembentukan cadangan energi yang lama, membuat orang waspada terhadap pengeluaran usaha tanpa tujuan," tambah mereka. 

Dalam serangkaian percobaan, mahasiswa diminta untuk mengerjakan dua survei. Setelah menyelesaikan kuesioner pertama mereka diberitahu itu akan memakan waktu 15 menit sebelum survei berikutnya akan siap. 

Pada percobaan pertama mereka diberi pilihan melaksanakan survei pertama mereka di dua lokasi - satu di dekat hotel dan lainnya, perjalanan 12 menit kembali dengan berjalan kaki.

Dalam setiap kasus mereka akan menerima perlakuan yang sama ketika mereka menyelesaikan kuesionernya. Penelitian ini kemudian bervariasi untuk memasukkan berbagai jenis perlakuan di setiap lokasi. 

Pada percobaan kedua para pelajar diberitahu lokasi mana yang harus digunakan dan dipaksa untuk melakukan kesibukan.

Pada percobaan pertama kebanyakan partisipan memilih untuk malas-malasan dan meletakkan kertas kuesioner mereka hanya sejauh diluar ruangan. Tapi ketika sebuah pilihan dengan perlakuan yang lebih baik dan jelas, kebanyakan partisipan berjalan hingga titik terjauh.

Pada masing-masing percobaan mereka yang berjalan jarak jauh melaporkan lebih bahagia daripada mereka yang duduk menunggu diluar ruang pengujian.

"Ketika diberi pilihan antara kesibukan dan kemalasan, kebanyakan orang akan memilih kesibukan jika ada instruksi yang jelas daripada yang tidak, meskipun jika instruksi itu tidak pasti," kata Hsee dan rekan-rekannya. "Orang yang sibuk lebih bahagia daripada yang malas, baik karena sengaja maupun terpaksa."

Mereka mengatakan penemuan ini memiliki implikasi sosial sebagaimana "kesibukan bisa jadi konskruktif atau destruktif."

Orang-orang yang malas sering terlibat dalam kesibukan yang destruktif (mulai dari kejahatan hingga perang saudara).

Sebuah Pesawat Yang Membawa 200 Penumpang Nyaris Menghantam Jalur Terbang Karena Angin Badai

Lebih dari 140 orang menaiki pesawat A310 dari Lisbon saat sang pilot bertarung melawan angin badai di Lajes, Azores. Kecepatan angin mendekati 45 knot saat Paulo Santos yang memang hobi berkeliling dunia mengambil foto berbagai tipe pesawat langsung mengambil kamera dan mengabadikan gambar ini. Pesawat melambat sampai ke jalur taksi. Tak ada korban jiwa maupun luka dari penerbangan SATA International ini.


Foto-Foto Bulan Madu Alicia Keys Saat Tengah Hamil 6 Bulan

Dalam bikini putih, penyanyi yang tengah hamil 6 bulan ini menghabiskan hari cerah bersantai diatas lautan Perancis atas anjuran dokternya sendiri, menggunakan yacht mewah tiga tingkat.

Keys menikah dengan produser rap Swizz Beatz minggu ini di Perancis. Mereka mengundang Queen Latifah dan beberapa lainnya untuk bergabung bersama mereka di perjalanan bulan madu ini.










Queen Latifah bermesraan dengan pasangan lesbiannya, pelatih fitnesnya sendiri, Jeanette Jenkins

Alicia Keys dan suaminya Swizz Beatz meninggalkan pantai.
Ini adalah pernikahan kedua bagi sang suami.

Tato Temporary Membuat Seorang Anak Alergi Seumur Hidup

Saat Thomas Collins memohon ibunya, katie untuk mengijinkannya membuat sepasang tato temporer saat liburan di Turki, sang ibu menyetujui, berpikir bahwa tidak ada salahnya untuk kesenangan yang tidak menyakitkan.

Namun kemudian anak tiu menderita alergi hebat sebagai reaksi terhadap tinta hitam yang berubah menjadi luka permanen di kedua lengannya. Dia kini bahkan alergi terhadap perlengkapan sehari-hari.


Thomas sedang liburan bersama ibunya Katie, 31, ayahnya Graham 37, yang bekerja untuk sebuah firma insinyur, dan abangnya Jordan, 13.

Dia melihat iklan tato inai hitam di dekat kolam di hotel tempat mereka menginap. Dia memilih membuat tato di kedua lengannya, yang satu bergambar Bart Simpson dan satunya lagi desain tengkorak dengan tulisan namanya dibawahnya.


Tato itu memudar setelah beberapa hari, tapi sekitar seminggu setelah mereka pulang Thomas mulai mengeluh bahwa lengannya gatal dan sakit. Dia merasa nyeri dan menderita demam tinggi.

Saat lengannya dicek, terlihat garis outline tato berwarna merah mengerikan. Lengannya mulai mengeluarkan cairan di bekas tato itu.

Setelah dibawa ke dokter dan diberi resep antibiotik dan krim gatal, ia digiring ke spesialis kulit yang menjelaskan bahwa anak itu menderita reaksi alergik parah yang disebabkan oleh paraphenylenediamine (PPD), zat kimia yang umum ditemukan pada cat rambut dan terkadang ditambahkan pada tinta inai untuk membuatnya berawarna hitam.

Tato henna/inai yang alami berwarna coklat atau kemerahan, dan biasanya benar-benar aman. Tapi yang berwarna hitam menyebabkan reaksi alergi serius.

Reaksi alergi itu berlangsung selama dua ulan dan begitu Thomas sembuh, keluarganya berharap semua itu sudah berlalu.

Tapi sekarang Thomas jadi alergi pada obat-obatan tertentu, termasuk anastetik, dan pada perlatan sehari-hari seperti tinta printer, bot karet, pemotong rumput (?), bola squash dan bahkan krim matahari, semua itu dipicu dari reaksi awal saat di Turki.

Thomas benar-benar kesal karena sekarang dia tidak bisa menyentuh benda-benda tertentu. Sekarang mereka benar-benar menggosok kursi-kursi dengan hati-hati, dan Thomas harus mandi dengan sabun ber-moisturiser tinggi karena dia tidak bisa menggunakan sabun biasa.

Hal ini tentu akan memengaruhi masa depannya. Dia tidak akan bisa menjalani beragam profesi karena alerginya pada material-material tertentu yang banyak digunakan di dunia kerja.

Sementara bekas merah di lengan Thomas mungkin akan hilang setelah beberapa bulan, tetapi ibunya khawatir kehidupan normal putranya tidak akan bisa kembali.

"Ini merupakan pengalaman yang sungguh menakutkan yang saya harap tidak terjadi di keluarga lain. Orang-orang harus waspada betapa bahayanya tato-tato ini sesungguhnya."

NAO: Robot Pertama Yang Memiliki Emosi

Nao dirancang untuk mengekspresikan kemampuan beremosi anak manusia umur satu tahun dan mampu menjalin ikatan dengan orang yang memperlakukannya dengan baik.


Cara kerjanya adalah robot ini mempelajari bahasa tubuh dan ekspresi wajah, dan seiring waktu, mood seseorang juga. Sampai akhirnya bisa 'mengenali' orang itu. Persis seperti bayi.

Robot ini adalah proyek Eropa bernama FEELIX Growing. Lola Canamero, lmuwan komputer dari Universitas Hertfordshire memimpin proyek ini.

Otak robot ini mampu mengingat pengalaman baik dan buruk dari masa lalu. Di masa depan, robot seperti Nao dapat digunakan untuk merawat para lansia. Hm.. mungkinkan ini awal evolusi robot menuju bentuk kehidupan baru seperti Astroboy?

Proyek ini merupakan kolaborasi antara delapan universitas dan perusahaan-perusahaan robot di Uni Eropa.

Rancangan Asli Game Pac-Man Diungkap Oleh Penciptanya

Toru Iwatani menunjukkan draft asli permainan yang populer di era 80an itu pada festival game di Belanda.

Digambar di kertas grafik yang simpel, tampilan konsep aslinya tidak jauh beda dengan hasil akhirnya.



Pac Man merupakan game paling sukses sepanjang masa. Judul aslinya, Pakkuman terinspirasi dengan kemiripan bunyi "paku-paku" seperti mulut seseorang saat sedang makan.

Sebenarnya Iwatani membayangkan penikmat game ini adalah wanita merujuk pada karakternya yang imut dan musik yang ceria.


Pengembangannya memakan waktu setahun lima bulan -- merupakan rekor untuk sebuah video game pada masa itu.

Diluncurkan pada Februari 1980 di Jepang dengan respon sepi dikarenakan gamer pria yang yang dominan lebih menyukai game-game menembak.

Namun game ini naik daun begitu dibawa ke AS dan diberi nama ulang Pac-Man. Hanya dalam hitungan bulan, permainan ini menjadi candu bagi anak-anak muda pada masa itu, bahkan diangkat menjadi kartun televisi demi meraup keuntungan dari popularitasnya.

Sepeda Pintar Dari Apple




Selama ini Apple dikenal sebagai penghasil gadget-gadget must-have-nya masyarakat. Tapi sekarang mereka tampaknya membuat cabang baru dari jenis perangkat elektronik yang biasa mereka buat dan telah mempatenkannya; yaitu rancangan sepeda 'pintar' atau smart bike.

Sepeda ini memiliki slot untuk iPad ataupun iPhone dan terhubung ke mesin sensor sehingga pengguna bisa menelepon dan mendengarkan musik. Selain itu, ketersediaan jaringan seperti  GPRS, CDMA, EV-DO, EDGE, 3GSM, DECT, IS-136/TDMA, iDen, LTE, dan lain-lain memungkinkan pengguna untuk melakukan videocall dan mengakses internet. Sensor suara memungkinkan pengguna mengontrol fitur tertentu daripada sepeda ini seperti memindahkan gigi.

Pengguna juga dapat menerima petunjuk arah dari Google Maps kalau-kalau keasikan bersepeda dan tersesat. Hehe.

Smart Bicycle System ini bisa memantau kecepatan, jarak, waktu, tanjakan, turunan, detak jantung, kecepatan angin, suhu, cuaca dan lain-lain yang terkait dengan kondisi saat bersepeda, yang langsung ditampilkan di layar.

Sepeda ini memungkinkan pengguna bisa berkomunikasi satu sama lain dalam kegiatan berkelompok.


Jenis sepeda ini juga bisa disesuaikan menjadi sepeda-balap, sepeda BMX, sepeda-gunung, sepeda-elektrik, dan lain-lain.

Apple berharap dengan dikembangkannya konsep Smart Bicycle System ini bisa membuat orang-orang untuk kembali menggunakan sepeda. Sekaligus untuk menjaga kesehatan dan lingkungan yang lebih bebas polusi.

Kalau Anda kurang puas, pihak Patently Apple juga telah menyarankan konsep ini diaplikasikan pada kendaraan-kendaraan lain seperti motor, mobil, truk, bahkan berkuda.

Prediksi Stephen Hawking Tentang Kepunahan Umat Manusia

Stephen Hawking memperingatkan jika manusia tidak membuat koloni diluar angkasa maka kita akan punah dalam jangka dua abad kedepan. Ahli astrofisika terkenal itu mengatakan satu-satunya kesempatan kita untuk bertahan hidup adalah pindah dari Bumi dan memulai kehidupan di planet baru.
Dia mengatakan, "Saya melihat bahaya besar bagi ras manusia. Terdapat sejumlah waktu di masa lalu dimana hal ini dipertanyakan. Peristiwa misil Kuba pada tahun 1963 adalah salah satunya.

Frekuensi kejadian serupa kelihatannya akan meningkat di masa depan. Kita akan harus memerhatikan hal itu dan menegosiasikannya hingga berhasil.

Tapi saya optimis. Jika kita bisa menghindari bencana dua abad kedepan maka spesies kita bisa aman selagi menyebar ke luar angkasa."

Di tahun belakangan ini, Hawking memperingatkan manusia harus waspada dalam mencoba mengadakan kontak dengan bentuk kehidupan alien di luar angkasa karena kita tidak yakin apakah mereka bersahabat.

"Jika kita satu-satunya makhluk cerdas di galaksi ini kita harus memastikan kita bisa bertahan dan berlanjut."

Tapi ia memperingatkan bahwa umat manusia memasuki "sebuah periode dimana bahaya meningkat dalam sejarah".

"Populasi kita dan penggunaan sumber terbatas di planet Bumi dan pertumbuhan eksponen berbarengan dengan tidak adanya kemampuan teknis untuk mengubah lingkungan secara permanen dan sakit," katanya.

"Tapi kode genetik kita membawa insting egois dan agresif yang merupakan keuntungan untuk bertahan hidup di masa lalu. Akan sulit nanti untuk menghindari bencana di 100 tahun kedepan tanpa menghitung ratusan atau jutaan tahun berikutnya.

Kesempatan kita satu-satunya demi kelangsungan hidup adalah tidak lagi menghuni Bumi melainkan menyebar ke angkasa luar.

Kita telah membuat kemajuan luarbiasa dalam 100 tahun terakhir tapi jika kita ingin melanjutkan 100 tahun lagi maka masa depan kita adalah di luar angkasa."

Itulah mengapa dia mendukung penerbangan luar angkasa berawak.

Gedung "PS3"

Bangunan kantor di Osaka, Jepang ini disebut sebagai gedung PS3 karena bentuknya yang begitu mirip.


Parks Tower di Osaka ini adalah bagian dari pengembangan Namba Parks.

Namun arsitekturnya, Nikken Sekkei, tak bisa juga dituduh meniru. Karena bangunan ini dibangun tiga tahun sebelum PS3 rilis di tahun 2006.

Kisah Pria Yang Serakah

Jaman dahulu, hiduplah seorang pria bernama Kofi Amero tinggal di desa bernama Amero Kopfhi. Desa itu diberi nama demikian sebab di masa itu dia orang yang paling kaya di seluruh desa. Kofi Amero orang yang keras, tapi dia juga egois sekali. Kecuali bersama kekayaannya, dia hidup sendiri, tanpa isteri atau anak, karena tak ada wanita yang bisa mentolerir kebiasaan anehnya.

Suatu hari yang cerah, setelah Kofi Amero sarapan, dia bersantai di teras rumahnya, saat tiba-tiba dia menangkap pemandangan seorang asing berdandan awut-awutan seperti gembel. Pria itu kelihatan sangat aneh sehingga Kofi Amero berpikir dia pasti orang tidak waras dan mengacuhkannya. Dia agak kaget ketika pria itu meminta makanan padanya. Kofi Amero tidak suka beramal, dan dia merasa terganggu karena pria itu. Tapi dia punya kokoyam (sejenis umbi-umbian) yang belum dimasak ditaruh dibawah jendela, jadi dia mengambil sepotong kecil yang kering dan melemparkannya kepada pria peminta-peminta itu. Pria itu langsung mengambilnya dan memakannya dengan rakus dalam hitungan detik. Saat dia memakan gigitan terakhir, dan menjilati jarinya, dia berdiri dan di depan mata Kofi Amero ia berubah menjadi malaikat.

Kofi terduduk di lantai. Orang asing itu meminta Kofi Amero untuk tidak takut, tidak tidak bermaksud menyakiti. Dia berkata, "Kofi, karena kau cukup baik membagiku makanan, walaupun kau berpikir aku pengemis gila, sebelum aku meninggalkan tempat ini, aku akan memberikanmu tiga permintaan."

Seperti yang bisa dibayangkan Kofi Ameroa begitu bersemangat ketika mendengar ini. "Hahahaha, hihihi, hari ini benar-benar hari yang bagus bagiku!" Dia menggaruk kepalanya memikirkan permintaannya, lalu meminta malaikat itu masuk. Dia menunjuk ke sebuah kursi berlengan tua di sudut ruangan. "Tuan," katanya, "Anda bisa melihat kursi di sudut itu?" Sang malaikat mengangguk, "Ya, saya bisa melihatnya."

Kofi melanjutkan, "Itu adalah satu-satunya kursi di rumahku, dan sangat mahal. Setiap ada tamu mereka akan duduk disitu, aku jadi terpaksa berdiri atau duduk di lantai. Maka, aku ingin siapapun yang duduk di kursi itu selain aku, dia akan melontarkan orang itu ke udara! Begitu tinggi sehingga ketika mereka jatuh ke tanah mereka akan kesakitan dan tidak mau duduk di kursi itu lagi!"

Walaupun malaikat itu berpikir permintaan itu agak aneh, dia mengabulkannya, dia berkata pada Kofi, "Terkabul."

Kofi Amero menggosok kedua tangannya, dan mengajak malaikat itu kembali ke depan rumah, dimana ia menunjuk sebuah pohon. "Tuan Malaikat, Anda bisa lihat pohon ini?" Sang malaikat mengangguk. "Ya, saya bisa melihatnya." Kofi menjelaskan, "Aku yang menanamnya sendiri, sangat mahal. Tapi penduduk desa suka mengambili daunnya karena berkhasiat untuk obat untuk penyakit anak-anak mereka. Tapi aku tidak rela!" Kofi terbatuk, lalu melanjutkan, "Jadi Tuan, aku ingin Anda memantrai pohon ini, sehingga siapapun yang mencoba memetik sehelai daun pun, akan terhisap dan terjebak di batang pohonnya!"

Sekali lagi, malaikat itu merasa permintaan itu aneh, tapi dia mau tidak mau harus mengabulkannya. Dia berkata pada Kofi, "Terkabul, Kofi. Apa permintaan ketiga dan terakhirmu?"

Kofi mengajak malaikat itu kembali ke dalam rumahnya. Dia menunjuk kearah selang dan penggaruk rumput serta peralatan berkebun lainnya. "Anda bisa lihat peralatan itu, Tuan?" tanya Kofi. Malaikat mengangguk. "Ya, aku bisa melihatnya. Peralatan yang bagus."

"Tepat sekali. Aku membeli peralatan ini, sangat mahal. Orang-orang datang sepanjang waktu untuk meminjamnya. Kadang mereka minta ijin, kadang tidak, langsung mengambilnya begitu saja. Dan tentu saja saat peralatan itu rusak, aku harus membayar untuk biaya perbaikan. Jadi aku ingin Anda membuat peralatan-peralatan itu sangat berat, sehingga siapapun kecuali aku tidak bisa mengangkatnya! Maka mereka pun akan berpikir dua kali untuk meminjamnya lagi."

Malaikat mengangguk sedih. "Baiklah, Kofi. Permintaanmu sudah terkabul. Sekarang aku harus pergi." Malaikat pun menghilang.

Beberapa hari kemudian, saat Kofi Amero sedang membereskan makan malamnya, Setan datang berkunjung. Tentu saja Kofi Amero tidak mengenalinya, dia menunjukkan rumahnya dan menawarinya duduk di satu-satunya kursi di rumah itu. Si tamu merendahkan tubuhnya untuk duduk, begitu dia menyentuhnya, kursi itu melemparkannya ke udara, dan saat dia jatuh ke tanah, kakinya cidera. Sang tamu bangkit, merapikan pakaiannya, memaki-maki Kofi Amero dan berlalu pergi. Kofi Amero tertawa terpingkal-pingkal, dia sangat senang jebakannya berhasil dan malam itu dia tidur sangat nyenyak tidak seperti biasanya.

Di hari lain Kofi Amero bersiap pergi bekerja saat dia mendengar keributan di belakang rumahnya. Dia berjalan kesana dan mendorong para tetangga yang terpincang-pincang dan memaki-maki Kofi Amero. Kofi tertawa keras dan berkata kepada mereka, "Rasakan! Kalian harus belajar beli peralatan sendiri!" Peristiwa itu membuat Kofi Amero senang sepanjang hari itu.

Di hari yang lain lagi, dia kembali dari pekerjaan di lapangan, saat dia melihat seorang wanita dari desa itu membawa bayi di punggungnya, berjalan ke pohon. Kofi Amero mengawasi dengan penuh antusias melihat jebakan ketiganya bekerja. Begitu wanita itu menyentuh daunnya, dia tertarik kedepan pohon, dan terhisap kedalam batangnya. Dia berteriak minta tolong, tapi Kofi Amero hanya tertawa.

"Kau pantas mendapatkannya. Kalian pikir bisa mengambil milikku seenaknya tanpa membayar! Pikirkan itu selagi kau terjebak disana!" katanya.

Malam itu Kofi Amero menyantap makan malamnya, dia tidak bisa berhenti tertawa karena ketiga jebakannya berhasil. Semakin dia memikirkannya, semakin keras dia tertawa; sampai tidak terkontrol.

Tapi tiba-tiba dia berhenti: sebuah rasa sakit yang tajam menyerang dadanya, dan Kofi Amero jatuh, dia mendapat serangan jantung. Beberapa hari kemudian saudara laki-lakinya yang bekerja di tempat yang bersebelahan dengan Kofi, datang karena khawatir tidak melihatnya di tempat kerja. Dia menemukan Kofi Amero tewas di lantai. Segera saja dia memberitahu anggota keluarga yang lain, dan menyiapkan acara pemakaman. Saat jenazahnya mulai membusuk, prosesnya pun dipercepat. Kofi Amero dikubur tanpa banyak acara, hanya dua saudara laki-lakinya yang datang di pemakaman. Tak ada satu pun penduduk desa yang ingin menghabiskan pagi mereka menangisi pria yang mereka benci.

Kofi Amero tiba di gerbang surga untuk diadili. Dia disapa oleh malaikat yang muncul di rumahnya dulu, tapi Kofi Amero tak mengenalnya. Malaikat itu mengeluarkan sebuah buku besar, dan mengajak Kofi Amero untuk melihat apa yang tertulis di buku itu tentangnya. "Seperti yang bisa kau lihat, Kofi Amero, kata sang malaikat, selama hidupmu kau hanya pernah melakukan satu kebaikan, yaitu memberiku kokoyam-mu. Tapi sisanya hanya tentang hal-hal buruk dan serakah yang kau lakukan pada keluarga dan tetangga-tetanggamu. Kau tidak memenuhi syarat untuk memasuki gerbang surga ini. Kau harus pergi ke neraka."

Maka Kofi Amero berjalan pergi menuju gerbang neraka. Saat dia tiba disana dia bertemu Setan yang menunggunya. Setan mengenalinya sebagai pria yang licik dan menjebaknya dengan kursinya, dan langsung saja menolaknya untuk masuk ke neraka. Karena dia gagal menyenangkan penjaga neraka maupun surga, jiwanya gentayangan di angkasa untuk selamanya.


Mukulin Rumah Pake Roti? Inilah 6 Tradisi & Kepercayaan Unik Seputar Tahun Baru

 Ada banyak tradisi dan kepercayaan seputar tahun baru dari berbagai negara dan budaya. Kalau di daerah atau keluarga kamu tradisinya sepert...