Turki Tempat Lahirnya Bahasa Belanda Hingga Inggris


Mungkinkah Turki merupakan ibu dari bahasa Hindi, Rusia, Belanda, Italia, Albania dan Inggris?

Para peneliti menggunakan sebuah model komputer yang didesain untuk memetakan epidemik telah melacak evolusi keluarga bahasa Indo-Eropa. Kesamaan antara ratusan bahasa dari Islandia hingga India membawa pada debat panas tentang dimana mereka berasal dan apa rahasia dibalik penyebaran serta perkembangannya.

Teori yang dominan adalah bahwa bahasa-bahasa tersebut kini diucapkan oleh tiga triliun orang dari sejak Zaman Perunggu nomaden yang menggunakan kuda dan roda untuk menyebar ke timur dan barat dari stepa-stepa utara laut Caspia dekat Ukraina sekitar 5,000 hingga 6,000 tahun yang lalu.

Sementara yang lain berargumen bahwa pertanian lah yang membantu penyebaran bahasa itu di Turki 8,000 hingga 9,500 tahun yang lalu.

"Ini adalah salah satu kasus kunci yang menempatkan agrikultur sebagai kekuatan penting dalam membentuk keragaman linguistik," ujar Quentin Atkinson, psikolog evolusioner di University of Auckland di New Zealand.

Studi ini menunjukkan bahwa migrasi manusia jaman dulu membantu mempercepat penyebaran agrikultur, kata Atkinson.

"Bahasa-bahasa ini menunjukkan bahwa ini adalah gerakan budaya juga--pemburu berkumpul bukan hanya membajak, mereka juga mengadopsi budaya dan bahasanya."

Tim peneliti tersebut membangun sebuah database asal seperti kaya "ibu", yang disebut "moeder" dalam bahasa Belanda, madre dalam bahasa Spanyol, mat dalam bahasa Rusia, mitera dalam bahasa Yunani dan mam dalam bahasa Hindi.

Mereka kemudian membangun pohon keluar bagi bahasa-bahasa tersebut yang dapat menangkap hubungannya dalam jarak ruang dan waktu dan catatan peningkatan atau pengurangan induk bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar

Mukulin Rumah Pake Roti? Inilah 6 Tradisi & Kepercayaan Unik Seputar Tahun Baru

 Ada banyak tradisi dan kepercayaan seputar tahun baru dari berbagai negara dan budaya. Kalau di daerah atau keluarga kamu tradisinya sepert...