Penyakit Langka Yang Membuat Tangan Dan Kaki Seperti Kulit Jeruk

Yang Bing, 51 tahun, menderita sebuah komplikasi langka dari gangguan autoimun yang dikenal sebagai Penyakit Kuburan, yang membuat tangan dan kakinya menjadi seperti kulit buah jeruk.

Penyakit Kuburan biasanya terjadi pada wanita berusia diatas 20 tahun, tapi juga bisa terjadi pada usia berapapun dan juga pada pria. Ini disebabkan oleh sebuah respon sistem kekebalan yang tidak wajar yang menyebabkan kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.

Para dokter di cina telah merawat Yang dengan pengobatan selama enam tahun sejak didiagnosis. Tujuan pengobatan itu adalah untuk menghalangi kelenjar tiroid yang hiperaktif, tapi Yang merasa obat-obatan itu tidak bekerja dan berhenti minum obat setelah dua tahun.

Tak lama setelah dia berhenti minum obat resep, tangan dan kakinya mulai membengkak dan Yang terpaksa dibawa ke RS Xin Qiao di Chongqing untuk mendapatkan bantuan.

"...Beberapa benjolan melepuh mulai bermunculan di punggung tangan dan kakiku, lalu makin besar dan besar. Hingga akhirnya membentuk cangkang keras dan sekarang aku tidak bisa menggunakan tangan kiriku, bahkan tidak bisa memukul. Aku harus memakai sandal terbesar yang bisa kutemukan dan memotong ujungnya dengan gunting agar pas dengan kakiku," ujar Yang.

Pengobatan itu berhasil tapi Yang harus melewati cara yang sulit. Perawatan untuk hypertiroidisme bisa termasuk iodine radioaktif dan pengobatan anti-tiroid.

Yang seharusnya tidak berhenti menebus resep pengobatannya sebelumnya. Akibatnya jadi semakin buruk seperti sekarang. Sekarang dia hanya bisa berharap agar bisa sembuh dan terbebas dari ketidaknyamanan yang dia rasakan.

1 komentar:

Tulis Komentar

Mukulin Rumah Pake Roti? Inilah 6 Tradisi & Kepercayaan Unik Seputar Tahun Baru

 Ada banyak tradisi dan kepercayaan seputar tahun baru dari berbagai negara dan budaya. Kalau di daerah atau keluarga kamu tradisinya sepert...