Mau Coba Potong Rambut Dengan Teknik Kung Fu?




Seorang penata rambut Cina berlatih kung fu berdiri diatas kepalanya saat memotong rambut.

Wang Xiaoyu dari Changsha di Provinsi Hunan pertama kali ditemukan tahun lalu oleh media lokal, yang ditemukan sedang menata rambut seseorang sambil handstand.

Wang, 36 tahun, telah bekerja sebagai penata rambut selama 16 tahun. Teknik barunya membuat penggunaan baru dari pelatihan kung fu selama 18 tahun yang dilakukannya.

Sementara beberapa orang bilang metodenya hanya gimik untuk menarik pelanggan, Wang telah memuaskan pelanggan sejak dia mulai mengkombinasikan kung fu dengan pekerjaannya.


Tidak diketahui apakah pelanggan-pelanggan ini senang dengan hasil yang mereka dapat, atau apakah mereka cuma datang untuk merasakan dipotong rambut oleh seorang ahli kung fu.

Teknik Wang bisa jadi metode penataan rambut paling aneh yang dilihat sejak Pietro Santoro yang ditemukan memotong rambut menggunakan api di Washington DC tahun lalu.

Pietro Santoro

Tulpa, Makhluk Psikis, Kembaran Gaib


Image by Gerd Altmann from Pixabay

Vardøger

(Vardøger adalah fenomena penampakan atau suara seseorang yang muncul sebelum orang itu datang. Semacam sosok supernatural yang meniru orang yang terlihat datang atau tiba di suatu tempat, padahal orang aslinya masih dalam perjalanan atau berada di tempat lain.)

Pada tahun 1955, seorang pebisnis barang impor bernama Erikson Gorique pergi ke Oslo untuk menjajaki kemungkinan mengimpor keramik dan gelas dari Norwegia. Oleh karena itu, di bulan Juli dia naik pesawat ke Oslo dan segera pergi ke hotel terbaik.

"Saya senang melihat Anda sudah sampai, Pak Gorique," kata petugas di meja resepsionis setelah dia mendaftarkan namanya. "Senang melihat Anda kembali lagi." 

Gorique terkejut. "Tetapi saya belum pernah kemari," katanya. "Anda pasti keliru mengenali saya sebagai orang lain."

Kali ini petugas itu yang merasa heran. "Tetapi, tuan, tidakkah Anda ingat? Hanya beberapa bulan yang lalu Anda mampir memesan tempat dan berkata bahwa Anda akan datang sekitar waktu ini di musim panas. Nama Anda...yah...tidak biasa. Itulah sebabnya saya kira, saya mengingatnya."

"Ini tidak mungkin," jawab Gorique. "Ini pertama kalinya saya mengunjungi tempat ini!"

"Kalau begitu saya pasti keliru, tuan," kata petugas itu, menyadari bahwa dia tidak mempunyai dasar yang kuat. "Maafkan saya."

Hari berikutnya, Gorique pergi untuk bertemu dengan agen pedagang besar, Pak Olsen.

"Aduh, Pak Gorique!" Olsen memberi salam dengan senyum yang hangat. "Saya senang melihat Anda bisa kembali. Saya memang berharap Anda kembali lagi, karena kunjungan Anda beberapa bulan yang lalu, karena keadaan mendesak, terlalu singkat. Amat singkat, pak."

Gorique sekarang benar-benar bingung dan menceritakan kepada Olsen alasannya. Ternyata, bukannya skeptis atau menganggap Erikson Gorique melantur, Pak Olsen memastikan: kembaran psikis, katanya, yaitu bayangan yang mendahului rekannya yang terbuat dari daging dan darah, dan bukan sesuatu yang jarang terjadi, dan Pak Gorique disarankan untuk tidak usah khawatir berlebihan. Di Norwegia, katanya, hal seperti itu disebut Vardøger, pelopor, dan tidak dianggap terlalu serius.

Reaksi Pak Erkson Gorique terhadap berita menentramkan ini tidak tercatat. (F.S. Edsall, The World of Psychic Phenomena, pp. 12-13)

Fenomena ini serupa dengan doppelganger dan Psychological Archetypes yang diteorikan oleh Carl Jung.

Makhluk Pikiran

Makhluk pikiran ada dalam berbagai bentuk. ada populasi yang luarbiasa dari wujud serupa kehidupan yang menghuni dunia mimpi. Dan ada teman khayalan yang sangat terlihat asli, kadang-kadang bertahan dalam waktu lama, yang diciptakan anak-anak sebagai teman main. Hal ini belum termasuk laporan penampakan makhluk pikiran berupa binatang liar yang dipicu oleh obat-obatan dan alkohol. Kejadian ini semuanya subyektif dan tidak dilihat oleh orang lain.

Akan tetapi, ada makhluk pikiran yang bisa melakukan penampakan kepada publik. Ada yang menyebutnya kembaran atau pasangan roh halus dari orang hidup yang sedang mengalami pengalaman di luar badan (astrofisik). Bahkan yang lebih misterius lagi adalah perwujudan eksternalisasi yang dapat dirasakan dalam pikiran penciptanya berkat kekuatan luarbiasa orang tersebut dalam hal konsentrasi, visualisasi, dan latihan pikiran yang lain, lebih merupakah ilmu kebatinan. Di Tibet, tempat di mana hal seperti ini dipraktekkan, hantu dari jenis ini disebut tulpa.


Image by Sergey Gricanov from Pixabay

Tulpa biasanya dihasilkan oleh tukang sihir atau yogi terampil, walaupun dalam beberapa kasus dikatakan dibangkitkan dari imajinasi kolektif dari penduduk desa yang percaya pada takhayul, atau pengelama yang melewati semacam jalur seram dari negeri itu. Suatu tulpa, kata orang Tibet, mungkin kadang-kadang demikian kuat sehingga menghasilkan kembarannya sendiri, dikenal sebagai yang-tul, dan ini dapat  menghasilkan kembaran tingkat tiga, nying-tul.

Jarang ada ahli yang mampu menciptakan perwujudan berganda seperti ini dan biasanya dijumpai di antara orang suci penganut agama Budhha, atau disebut bodhisattva (bodhi=pikiran, sattva=makhluk). Beberapa mampu menghasilkan 10 jenis tulpa berbeda. Ini tampaknya termasuk makhluk yang dapat bergerak -- entah itu manusia, binatang, atau supernatural -- dan makhluk yang muncul dalam mimpi siapapun yang ingin ditolong oleh bodhisattva.

Alexandra David-Neel. Foto: tricycle.org

Sedikit orang barat yang berkesempatan menyeldiki apa sebenarnya cerita orang Tibet aneh yang garis besarnya diceritakan di atas. Salah seorang yang melakukannya adalah sarjana dan pengelana orang Perancis Alexandra David-Neel, yang menghabiskan 14 tahun di Tibet dan mempelajari doktrin Tantric Budhhism dengan sejumlah lama terkemuka. Satu-satunya Lama perempuan pada waktu itu, dia dihormati secara luas karena kontribusinya untuk memahami pemikiran orang Tibet. Kemudian dia menerbitkan dua cerita mengenai pengalamannya di negara terpencil dan sedikit diketahui itu. Uraian berikut dari pengalamannya sendiri dengan tulpa diambil dari bukunya Magic and Mystery in Tibet:

Di samping mempunyai beberapa peluang untuk melihat bentuk pikiran, kebiasaan saya yang tidak mudah percaya membawa saya untuk melakukan percobaan untuk diri sendiri, dan usaha saya berhasil... Saya memilih, untuk percobaan saya, karakter yang paling tidak signifikan: seorang paderi, pendek dan gemuk, dari tipe dengan wajah tidak berdosa dan penggembira.
Saya mengurung diri dalam tsam [tempat mengasingkan diri untuk meditasi] dan melanjutkan untuk melaksanakan konsentrasi pikiran yang diuraikan dan ritual yang lain. Setelah beberapa bulan bayangan paderi tadi terbentuk. Bentuknya perlahan-lahan tumbuh menjadi tetap dan tampak seperti hidup. Dia menjadi semacam tamu, tinggal di apartemen saya. Kemudian saya menghentikan pengasingan diri dan memulai tur, dengan pelayan dan tenda.
Pendeta itu menyertakan diri dalam rombongan. Walaupun saya tinggal di tempat terbuka, mengendarai kuda selama beberapa mil sehari, ilusi itu tetap bertahan. Saya melihat trapa [calon pendeta] gemuk, kadang-kadang saya tidak perlu memikirkannya agar dia tampak. Bayangan itu melakukan berbagai tindakan yang biasa bagi para pengelana dan saya tidak memberi perintah. Misalnya, dia berjalan, berhenti, melihat ke sekeliling. Ilusi itu nyata, tetapi kadang-kadang saya merasa seperti ada jubah yang membelai diri saya dengan lembut sekali dan sebuah tangan menyentuh bahu saya.
Sifat-sifat yang saya bayangkan, ketika membentuk bayangan saya, perlahan-lahan berubah. Teman yang gemuk, dengan pipi montok ini semakin ramping, wajahnya menjadi samar-samar tampak mengejek, licik dan keji. Dia menjadi lebih menimbulkan masalah dan kasar. Singkatnya, dia membebaskan diri dari kendali saya.
Sekali, seorang gembala yang membawa hadiah mentega bagi saya melihat tulpa itu dalam tenda saya dan menganggapnya seorang Lama yang nyata dan hidup.
Saya seharusnya membiarkan fenomena itu mengikuti jalannya, tetapi kehadiran teman yang tidak dikehendaki itu mulai terbukti melelahkan syaraf saya; dia berubah menjadi "mimpi buruk di siang bolong." Di samping itu, saya...[sedang pergi] ke Lasha..., jadi saya memutuskan untuk menghilangkan bayangan itu. Saya berhasil, tetapi baru setelah enam bulan berusaha keras. Makhluk pikiran saya adalah kehidupan yang keras kepala.


Tips Agar Bangun Lebih Segar


Sebelum Malamnya...
1. Hindari kopi, anggur merah dan coklat
Agar bangun dengan segar Anda butuh tidur yang baik dan salah satu cara terbaik untuk mengacaukannya adalah membuat kesal perut Anda. Anda benar-benar harus menjaganya senang sepanjang malam.

Kopi, anggur merah dan coklat secara ilmiah dapat mengganggu tidur Anda lebih dari makanan lain. Mereka membuat kesal usus dengan cara Anda akan terus terbangun atau hanya tidur sedikit yang tidak dapat mengisi ulang tenaga Anda sama sekali. Cobalah untuk tidak memakan makanan ini setelah makan siang.

2. Tidurlah dengan gembira bersama rekan Anda
Salah satu cara terbaik agar susah tidur adalah pergi tidur sebelum Anda menyelesaikan masalah dengan rekan Anda.

Sebelum pergi tidur pastikan rekan Anda senang (dan juga Anda) dan pastikan bahwa Anda bahagia bersama mereka. Ini juga salah satu hal terbaik yang Anda bisa lakukan bagi hubungan Anda, jangan korbankan tidur nyenyak Anda.

3. Meditasi, berdoa dan menenangkan diri sebelum pergi tidur
Cukup duduk dan fokus pada tarikan dan hembusan nafas Anda bisa jadi cara yang bagus untuk menyiapkan diri Anda untuk tidur nyenyak.

4. Jangan makan malam sebelum tidur
Banyak orang pulang kerja, masak makan malam dan makan lalu langsung tidur. Ini adalah ide yang buruk. Proses pencernaan membutuhkan waktu dan Anda tidak ingin berbaring tepat setelah Anda makan hidangan besar. Cobalah dan biarkan beberapa jam diantara saat setelah makan dan sebelum tidur lalu perhatikan apa yang Anda rasakan keesokan harinya.

5. Atur ruangan Anda sesuai prinsip Feng Shui
Penempatan tertentu dalam ruang tidur adalah penting. Feng Shui mengajarkan bahwa Anda harus tidur dimana Anda bisa melihat pintu tapi tidak di jalur langsung terhadap pintu terbuka. Ini membantu kita tidur dengan perasaan aman.

6. Pergi ke toilet
Walaupun Anda tidak ingin pergi ke toilet sebelum tidur Anda tetap harus melakukannya dan keluarkan semua yang Anda bisa keluarkan. Alasannya adalah bahwa ginjal akan terus bekerja selama Anda tidur dan saat pagi buang air Anda akan lebih baik dan puas. Jika Anda buang air lebih awal ini akan mengurangi kemungkinan Anda ingin ke toilet di tengah tidur lelap yang dapat mengurangi kualitas tidur Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa tidur hanya soal total waktu kita tertidur tapi ini salah. Adalah penting untuk tetap tertidur tanpa terganggu karena butuh berjam-jam untuk masuk ke zona dimana saat Anda benar-benar beristirahat. Sesak buang air bisa menginterupsi perjalanan menuju zona ini.

Malam harinya...
7. Tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin
Tip tidur lainnya: tidur Anda sangat terpengaruh oleh seberapa panas atau dingin suhu Anda selama malam. Penting untuk menyeimbangkannya untuk menjaga energi Anda tenang dan berhenti melonjak naik.

Cobalah temukan keseimbangan antara pakaian dan seprai. Misalnya, Anda mungkin bisa tidur telanjang tapi menggunakan selimut yang tebal. Ini dapat menjaga temperatur tubuh Anda konsisten.

8. Biarkan jendela terbuka
Ya. Saya sendiri kadang melakukannya. 

Alasan pertama adalah agar CO2 yang beracun dapat keluar. Sehingga udara di dalam kamar Anda lebih sehat.

Alasan kedua adalah Anda harus membiarkan oksigen baru untuk masuk. Ini membantu Anda mengatur temperatur kamar.

Tapi jangan lakukan jika jendela Anda tidak berjeruji. Atau buatlah beberapa jendela kecil di ketinggian tertentu pada dinding.

9. Jaga konsistensi tidur Anda
Orang mengira bahwa kita HARUS tidur delapan jam sehingga bisa dikatakan cukup.

Tidak sepenuhnya benar.

Sangat penting untuk pergi tidur di saat yang sama dan bangun di saat yang sama pula setiap hari. Tidak semua orang butuh delapan jam. Malah, beberapa orang merasa kelelahan jika tidur selama itu dalam satu hari.

Mulailah mengatur jam tidur di waktu yang sama setiap malam. Lupakan acara TV dan langsung pergi tidur katakanlah jam 11 malam setiap malam. Setelah beberapa lama, mulai mengatur alarm pagi di jam yang sama setiap hari termasuk akhir pekan.

10. Kurangi kebisingan, itu bisa benar-benar membunuh Anda!
Secara ilmiah telah ditemukan bahwa kehidupan Anda sebenarnya diperpendek oleh kebisingan saat malam hari. Kendaraan-kendaraan yang lewat atau pemuda-pemuda mabuk yang bernyanyian tak jelas bisa sungguh-sungguh membunuh Anda! Dikatakan bahwa kebisingian memiliki efek pada jantung dan sering terbangun pada malam hari membuat tubuh berada dibawah tekanan.

Cobalah dan jagalah kamar Anda tenang dengan menggunakan penyumbat telinga. Buat agar Anda hanya bisa mendengar suara alarm atau monitor bayi di meja samping tempat tidur Anda.

Paginya...
11. Minumlah segelas air
Segelas air sejuk saat perut kosong memiliki banyak manfaat kesehatan sekalian membuat Anda benar-benar terbangun. Air akan merangsang metabolisme tubuh dan Anda dan membuat Anda langsung segar dan terjaga.

12. Olahraga
Saat Anda lemas di pagi hari, lari pagi di tengah udara yang segar dapat membangunkan Anda dengan cepat. Hal menariknya adalah bahwa ketika Anda berolahraga di pagi hari Anda akan mendapatkan energi lebih di hari berikutnya. Semakin banyak Anda berolahraga semakin banyak pula energi yang akan Anda dapatkan seiring Anda menjadi lebih sehat dan bugar.

13. Jangan minum kopi...setiap hari
Sains saat ini menunjukkan bahwa tubuh Anda menjadi terbiasa dengan kafein dalam kopi kita dan bereaksi lebih sedikit terhadapnya. Ini berarti kopi harian Anda membangunkan Anda semakin kurang seiiring Anda meminumnya.

Ide yang lebih baik adalah untuk tidak minum kopi pagi hari tapi minumlah saat Anda benar-benar lelah dan butuh sedikit bantuan energi. Mungkin saat Anda harus bergadang atau bangun sangat pagi sekali yang mau tidak mau merusak kebiasaan tidur Anda setiap hari. Inilah saatnya untuk minum secangkir kopi.

14. Bernafas dalam-dalam
Hal pertama yang Anda harus lakukan di pagi hari adalah ambil nafas dalam simpan di perut dan konsentrasi untuk bangun dari tidur. Bayangkan bernafas di tengah cahaya terang yang membuat tubuh Anda merasa bahagia dan ringan...kira-kira seperti di iklan-iklan obat panas dalam. Hehe.

15. Lakukan hal yang menarik minat
Jika Anda benci membayangkan pekerjaan yang harus Anda kerjakan hari ini, ditambah bos yang tidak mendukung semangat kerja, lakukan hal lain yang menarik sebelum berangkat kerja. Lakukan olahraga atau kegiatan lain yang lebih membuat Anda senang.

16. Langsung bangun
Bangunlah begitu alarm menyala. Jangan menekan snooze hingga berkali-kali.

Seorang master budhis mengatakan: "Kau harus bangun sebelum rasa penghargaan terhadap diri sendiri-mu bangun."

17. Bersyukurlah Anda masih bisa bangun pagi ini
Pikirkan setiap sebelum tidur bahwa mungkin Anda tidak akan terbangun lagi besok. Sehingga Anda bangun pagi dengan rasa penuh kesyukuran. Dan Anda akan memandang bahwa hari itu adalah kesempatan untuk melakukan hal yang bermakna dan menguntungkan.

Kesimpulan
Cobalah sendiri. Hehehe,

Jembatan Gantung Paling Berbahaya Di Dunia

Jembatan gantung umum terdapat di banyak negara, selain Indonesia, diantaranya bisa ditemui di Nepal, Pakistan, India, Malaysia, Filipina dan Selandia Baru. Jembatan gantung danau Hussaini-Borit di Pakistan Utara, memiliki perbedaan dan bisa disebut sebagai jembatan gantung paling berbeahaya di dunia.


Warga lokal sering menggunakannya untuk menyeberangi banyak sungai di negeri itu. Pemandangan dari jembatan danau Hussaini-Borit sangat indah, tanpa menyebutkan betapa berbahayanya.


Area itu dikenal sebagai "jalur dua jembatan," yang merupakan pengalaman paling menarik bagi turis. Tidak ada roller coaster atau kendaraan seperti di taman hiburan beda tipis dengan menyeberangi jembatan ini, plus resiko kematian sungguhan.

Tak ada yang tahu siapa yang membangun jembatan ini, yang jelas jembatan ini sangat tua, doyong, terlalu tinggi diatas danaunya dan kehilangan banyak papan kayu.

Karena dibuat dari bahan-bahan alami, jembatan ini harusnya diperbaiki secara periodik. Jembatan diatas danau Borit ini butuh lebih dari itu, tapi dia tetap bertahan seperti biasanya, bergoyang dan berbahaya dan sering menjadi satu-satunya transportasi bagi penduduk lokal ke kota-kota besar di utara Pakistan.

Tidak diketahuia berapa banyak orang yang pernah jatuh dan tewas saat menyeberangi jembatan ini. Jika Anda ingin mencoba, harap selesaikan semua urusan dunia Anda terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Batu Yang Kembali Lagi


Ivan Sanderson, ahli pengetahuan alam dan penulis terkenal, mengunjungi perkebunan karet di Sumatera tahun 1928, tempat dia berpartisipasi dalam apa yang mungkin hiburan paling aneh sepanjang hidupnya. Makan malam sudah usai, dan semua orang berkumpul di beranda. Tiba-tiba, batu-batu kecil mulai menghujani lantai beranda tadi dari kegelapan. Kemudian, Sanderson berkata,

Tuan rumah memberitahu kami ... bahwa batu-batu kecil ini berulang kali datang, terutama pada malam tertentu dan yang biasanya tenang, tetapi tidak selalu gelap. ... Ketika semua orang mereasa heran dan skeptis, tuan rumah kami kemudian meminta kami untuk memberi tanda pada batu-batu dengan cara yang kami kehendaki dan melemparkannya kembali ke mana pun ke dalam vegetasi yang tumbuh amat rapat atau sekitar halaman atau rumah. Untuk memberi tanda batu-batu tadi dia mengambil kapur dari mejanya, sebatang kikir, dan pensil. Kaum perempuan menggunakan lipstiknya, dan kami menggunakan berbagai macam alat. Kami semua melemparkannya kembali ke dekat atau jauh ke arah yang dapat dipikirkan. Hampir semua, tetapi memang tidak semua batu bertanda itu kembali ke beranda dalam waktu beberapa detik, beberapa batu setelah beberapa menit. Saya akan mengatakan bahwa paling sedikit sekitar lima puluh batu diberi tanda dan dilemparkan di malam itu. ... Saya dapat menjamin kenyataan bahwa secara mutlak tidak mungkin bagi manusia mana pun ... untuk mencari, menemukan, dan melemparkan balik batu bertanda dalam kelebatan vegetasi dengan mengumpulkan dan meneliti seluruh permukaan. [William G. Roll, The Poltergeist, p.38]

Ikan Dilatih Makan Dari Botol Susu

Di kolam Kuil Tanhua, Cina, yang berlokasi di Pegunungan Kuda Emas, selatan Kunming City, ikan campuran gurame Jepang dan Amazon telah belajar, setelah pelatihan selama setahun, untuk menyedot makanan dari botol susu.

Dikenal sebagai "kota bunga perbatasan selatan," kuil itu dan lanskap indahnya telah menarik banyak turis sepanjang tiga abad terakhir. Sekarang, kebanyakan orang datang untuk menyaksikan ikan yang makan dari botol susu itu.

Melihat ikan-ikan ini berebut puting botol mengingatkan pada anak-anak anjing atau kucing. Proses ini begitu menakjubkan dalam menunjukkan kebutuhan universal semua makhluk hidup, besar maupun kecil.

Gurame yang cantik menarik banyak orang ke kolam kuil itu, dan hampir setahun, turis-turis telah dapat berpartisipasi dalam proses memberi makan dan membeli botol-botol khusus berisi cairan makanan ikan seharga 5 yuan (Rp 5,800).

Ide ini juga diikuti orang lain di seluruh Cina.

"Semua kolegaku melakukannya. Aku mulai mengetes memberi makan gurame dengan susu tiga bulan lalu...Aku berkunjung ke sebuah tambak gurame, dan menemukan bahwa mereka diberi makan dengan susu bubuk dari botol, dan gurame-gurame itu menjadi kuat dan aktif. Butuh waktu bagi ikanku untuk terbiasa tapi sekarang mereka menyukai makanan barunya. Begitu mereka melihatku datang dengan botol mereka langsung berebut...untuk menghisap putingnya," kata Feng, yang memiliki Hanzhou Aquarium di Hangzhou, selatan provinsi Zhejiang.

Menyaksikan ikan-ikan ini diberi makan merupakan sebuah keajaiban kecil yang menunjukkan komunikasi pada level paling purba antara manusa dengan kerajaan hewan.

Anak Indigo


Anak Indigo adalah anak yang menunjukkan seperangkat atribut psikologis yang baru dan luarbiasa, dan menunjukkan sebuah pola perilaku yang umumnya tidak didokumentasikan sebelumnya. Pola ini memiliki faktor-faktor unik yang umum, yang mengisayaratkan agar orang-orang yang berinteraksi dengan mereka (para orangtua, khususnya)  mengubah perlakuan dan pengasuhan terhadap mereka guna mencapai keseimbangan. Mengabaikan pola-pola baru ini kemungkinan besar berarti menciptakan ketidakseimbangan dan frustasi dalam benak dari kehidupan baru yang berharga ini.

Anak Indigo seringkali didagnosis sebagai penderita ADD/ADHD. Tes IQ konvensional tidak mampu menjelaskan apakah seorang anak adalah Indigo atau bukan. Mereka bisa saja memiliki IQ yang diatas rata-rata, dibawah rata-rata, ataupun di tengah-tengah, sementara tidak sedikit anak-anak dengan hasil tes IQ yang tinggi namun memiliki kreativitas yang "beku".

Indigo tidak seperti atribut psikologis lainnya. Selain memiliki karakteristik yang mirip dengan LD, ADD/ADHD, Indigo lebih membuka kearah sensitifitas dan intuisi. Kepekaan yang seringkali menakjubkan orangtua dan/atau perilaku yang meperlihatkan kearifan yang tidak biasa dimiliki anak-anak pada umumnya.

Di masyarakat kita, umumnya istilah Indigo secara praktis diasosiasikan sebagai anak-anak/orang-orang dengan indera keenam dan mampu berinteraksi dengan makhluk-makhluk gaib. Pada kenyataannya, anak-anak Indigo menujukkan bakat-bakat yang beragam, seperti sangat terogranisir, sangat peduli dan penuh kasih sayang meski masih berusia sangat muda, atau secara berkala mendapatkan visi mengenai tertentu secara berulang-ulang.

Seorang anak Indigo bisa tumbuh menjadi sangat sel-destructive dan depresif sampai pada tahap kasus bunuh diri yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak mampu memahami dan mendukungnya. Mereka juga mungkin berjuang untuk mengeksploitasi dirinya sendiri agar bisa membantu Indigo lainnnya, seperti yang dilakukan Jan Tober. Tober sendiri baru menyadari dirinya adalah seorang Indigo saat ia menyelidiki fenomena ini bersama isterinya, Lee Carroll.

Inilah 10 ciri umum Anak Indigo:
  1. Mereka memasuki dunia dengan perasaan keningratan (dan seringkali bertindak seperti itu).
  2. Mereka memiliki perasaan "pantas berada disini", dan terkejut bila orang lain tidak berpendapat seperti itu.
  3. Harga diri bukanlah persoalan besar. Mereka sering emmberitahu orangtua tentang "siapa diri mereka".
  4. Mereka memiliki kesulitan dengan otoritas absolut (otoritas tanpa penjelasan atau pilihan).
  5. Mereka benar-benar tidak akan melakukan hal-hal tertentu; sebagai contoh, menunggu di antrean sulit bagi mereka.
  6. Mereka merasa frustasi dengan sistem yang berorientasi pada ritual dan tidak memerlukan pemikiran kreatif.
  7. Mereka sering melihat cara-cara yang lebih baik dalam melakukan segala sesuatu, baik di rumah maupun di sekolah, yang membuat mereka tampak seperti "perusak sistem" (tidak patuh pada sistem apapun).
  8. Mereka tampak antisosial kecuali bila mereka berada bersama dengan orang-orang yang sejenis dengan mereka. Jika tidak ada orang lain dengan kesadaran yang sama di sekitar mereka, mereka sering berpaling kedalam diri, merasa seperti tidak ada orang yang memahami mereka. Sekolah sering kali menjadi luarbiasa sulit bagi mereka secara sosial.
  9. Mereka tidak akan bereaksi terhadap disiplin "rasa bersalah" (tidak terpengaruh oleh ancaman seperti, "Tunggu sampai ayahmu pulang dan mengetahui apa yang telah kami lakukan").
  10. Mereka tidak malu memberitahu Anda tentang apa yang mereka butuhkan.

Berikut ini beberapa indikasi bahwa seorang anak berbakat dan/atau juga Indigo:
  • Memiliki kepekaan yang tinggi
  • Memiliki energi yang berlebih
  • Mudah bosan - mungkin tampak memiliki rentang perhatian yang pendek
  • Memerlukan orang dewasa yang secara emosional stabil dan aman di sekelilingnya
  • Akan menolak otoritas jika orientasinya tidak demokratis
  • Memiliki cara-cara belajar yang lebih disukai, khususnya dalam membaca dan matematika
  • Mungkin mudah menjadi frustasi karena mereka memiliki gagasan besar namun kekurangan sumberdaya atau orang untuk membantu mereka melaksanakan gagasan tersebut agar berhasil.
  • Belajar dari tingkat eksplorasi, menolak ingatan dengan cara menghafal atau hanya menjadi pendengar
  • Tidak dapat duduk tenang kecuali jika perhatiannya terserap pada sesuatu yang menarik perhatiannya sendiri
  • Sangat perasa; memiliki banyak ketakutan seperti kematian dan kehilangan orang yang dicintai.
  • Bila mengalami kegagalan dini, mereka mungkin menyerah dan mengalami hambatan belajar secara permanen.
Ada 4 jenis anak Indigo, dan masing-masing memiliki sebuah tujuan:

HUMANIS
Mereka akan bekerja dengan orang banyak. Mereka akan melayani banyak orang, dan mereka hiperaktif. Mereka luarbiasa suka bergaul. Mereka akan berbicara kepada siapa saja, kapan saja - sangat, sangat ramah. Dan mereka memiliki pendapat yang sangat kuat. Mereka juga kikuk dengan tubuh mereka, hiperaktif, dan kadang-kadang mereka akan berlari menabrak dinding karena mereka lupa mengerem. Mereka tidak tahu bagaimana bermain dengan satu mainan. Sebaliknya, mereka harus mengeluarkan segala sesuatu yang diletakkan disana dan mereka mungkin akan atau tidak akan menyentuhnya.

Mereka adalah orang-orang yang jika Anda menyuruhnya membersihkan kamar mereka, Anda harus terus mengingatkan karena mereka beralih perhatian. Mereka memasuki kamar mereka, mulai membersihkan, sampai mereka melihat sebuah buku. Kemudian mereka duduk dan membaca karena mereka adalah pembaca yang rakus.

KONSEPTUAL

Indigo konseptual lebih tertuju pada proyek daripada orang. Mereka akan menjadi para insinyur, arsitek, desainer, astronot, pilot, dan perwira militer masa depan. Tubuh mereka tidak kikuk, dan mereka sering sangat atletis sebagai anak-anak. Mereka meiliki masalah pengendalian, dan orang yang mereka coba kendalikan paling banyak adalah ibu mereka, jika mereka adalah laki-laki. Anak perempuan mencoba mengendalikan ayah mereka. Jika mereka tidak melakukannya, itu adalah sebuah masalah besar. Indigo jenis ini memiliki kecenderungan terhadap kecanduan, khususnya narkoba pada usia belasan tahun. Para orangtua perlu mengawasi pola perilaku mereka secara sangat cermat, dan bila mereka mulai bersembunyi dan mengatakan hal seperti "Jangan dekat-dekat kamarku", itulah saatnya ibu mereka perlu menyelidiki kamar mereka.

SENIMAN

Indigo ini jauh lebih peka dan seringkali lebih kecil ukurannya, meskipun tidak selalu. Mereka lebih tertuju pada seni. Mereka kreatif, dan akan menjadi para guru dan seniman masa depan. Apa saja yang mereka masuki, mereka akan berada pada sisi kreatifnya. Jika mereka memasuki bidang kedokteran, mereka mungkin menjadi dokter bedah atau peneliti. Bila mereka memasuki bidang kesenian murni, mereka menjadi aktor. Antara usia 4 dan 10 tahun, mereka mungkin mengambil 15 seni kreatif yang berbeda - melakukan satu selama lima menit lalu meninggalkannya. Indigo seniman mungkin bekerja dengan lima atau enam alat yang berbeda, lalu ketika mencapai usia belasan tahun, mereka akan mengambil satu bidang atau berusaha keras dan menjadi seniman disitu.

INTERDIMENSIONAL

Mereka lebih besar daripada semua Indigo lainnya, dan pada usia 1 atau 2 tahun, kita tidak bisa memberitahu apapun kepada mereka. Mereka berkata, "Aku tahu itu. Aku dapat melakukannya. Tinggalkan aku." Mereka adalah orang yang akan membawa filosofi dan agama baru ke dunia. Mereka bisa menjadi penggerak karena mereka jauh lebih besar dan karena mereka tidak dapat menyesuaikan diri seperti ketiga tipe lainnya.

Pesan dari Jan Tober

Mereka sedang menawarkan kepada kita sebuah cara baru untuk mengukur diri mereka, dan juga diri kita sendiri. Mereka mengenakan hadiah yang diberikan oleh Tuhan di lengan baju mereka:

Mereka menginginkan kita untuk hadir disini dan pada saat ini dalam semua hubungan kita.
Mereka meminta kita untuk bertanggungjawab atas apa yang kita katakan dan apa yang kita proyeksikan, baik secara sadar maupun tidak sadar.
Mereka meminta kita untuk bertanggungjawab atas diri kita sendiri.
"Makhluk-makhluk yang seperti raja" ini mencerminkan keberhargaan masing-masing diri kita. Bukankah kita semua seperti raja - semua adalah makhluk spiritual yang memiliki pengalaman fisik di Bumi ini?

Depresi




Beberapa orang mengatakan bahwa depresi terasa seperti tirai keputus-asaan yang tergerai menutupi kehidupan mereka. Banyak orang merasa seperti tidak memiliki energi dan tidak bisa berkonsentrasi. Yang lain merasa gelisah sepanjang waktu tanpa alasan yang jelas. Gejala-gejalanya sangat bervariasi pada setiap orang, tapi jika Anda merasa "down" lebih dari dua minggu, dan perasaan ini tidak biasa terjadi dalam keseharian Anda, kemungkinan Anda secara klinis depresi.

Kebanyakan orang yang telah melalui episod depresi akan, cepat atau lambat, mengalaminya lagi. Anda mungkin mulai merasa sebagian dari gejala-gejala depresi beberapa minggu sebelum Anda beranjak kepada episod paling memukul dari depresi. Belajar mengenali pemicu-pemicu awal atau gejala-gejala dan bekerja dengan dokter Anda akan membantu menjaga depresi agar tidak semakin buruk.

Kebanyakan orang dengan depresi tidak pernah mencari pertolongan, meskipun sebagian besar akan merespon untuk perawatan. Merawat depresi khususnya penting karena itu memengaruhi Anda, keluarga Anda, dan pekerjaan Anda. Beberapa orang dengan depresi mencoba untuk menyakiti diri mereka sendiri dalam keyakinan yang salah bahwa apa yang mereka rasakan tidak akan pernah berubah. Depresi adalah penyakit yang dapat dirawat.

Penyebab-Penyebab Depresi

Depresi memiliki alasan tunggal; seringkali merupakan kombinasi dari beberapa hal. Anda mungkin tidak tahu mengapa depresi menyerang Anda.

Apapaun penyebabnya, depresi tidak hanya menyangkut pikiran. Ia berhubungan dengan perubahan fisik dalam otak, dan terhubung pada sebuah ketidakseimbangan zat kimia yang membawa sinyal-sinyal dalam otak dan saraf. Zat-zat kimia ini disebut neurotransmitter.

Beberapa dari faktor umum yang terlibat dalam depresi adalah:
  • Sejarah keluarga. Genetik berperan penting dalam depresi. Itu bisa menurun selama bergenerasi-generasi.
  • Trauma dan stres. Hal-hal seperti masalah ekonomi, kegagalan hubungan, atau kematian orang yang dicintai dapat membawa depresi. Anda bisa menjadi depresi setelah perubahan-perubahan terjadi dalam hidup Anda, seperti memulai pekerjaan baru, lulus dari sekolah, atau menikah.
  • Kepribadian pesimistik. Orang-orang yang memiliki rasa rendah diri dan pandangan negatif beresiko tinggi menjadi depresi. Sifat ini mungkin sebenarnya disebabkan oleh depresi tingkat rendah (yang disebut dysthymia).
  • Kondisi fisik. Kondisi medis serius seperti penyakit jantung, kanker, dan HIV dapat berkontribusi menjadi depresi, sebagian karena kelemahan fisik dan stres yang mengiringinya. Depresi bisa membuat kondisi medis menjadi lebih buruk, karena kelemahan sistem daya tahan dan disebabkan oleh pengobatan yang digunakan untuk merawat kondisi medis tersebut.
  • Gangguan psikologis lainnya. Gangguan kecemasan, gangguan makan, skizofrenia, dan (khususnya) narkoba seringkali muncul beriringan dengan depresi.


Gangguan-Gangguan Mood Yang Berhubungan Dengan Depresi

Sebagian besar gangguan depresif, umumnya disebut sebagai "depresi," sesungguhnya dapat mengganggu kehidupan Anda, memengaruhi selera makan, tidur, pekerjaan, dan hubungan.

Gejala-gejala yang membantu seorang dokter megidentifikasi depresi antara lain:
  • Perasaan sedih, gelisah atau ketegangan yang konstan
  • Menurunnya nafsu atau minat dalam kegiatan atau hobi lazimnya
  • Kehilangan energi, merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas
  • Perubahan nafsu makan, dengan penurunan atau peningkatan berat badan yang siginifikan
  • Kebiasaan tidur yang berubah, seperti kesulitan tidur, bangun terlalu pagi, atau tidur terlalu lama
  • Kegelisahan atau merasa melambat
  • Penurunan kemampuan untuk membuat keputusan atau berkonsentrasi
  • Merasa tidak berarti, putus asa, atau bersalah
  • Pikiran-pikiran tentang bunuh diri atau kematian

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter Anda.

Dysthymia adalah gangguan mood lainnya. Orang yang menderita gangguan ini mungkin merasa depresi secara halus lebih dari setidaknya dua tahun. Mereka memiliki banyak gejala-gejala depresi kebanyakan, tapi dalam kadar yang ringan.

Gejala-gejala depresi bisa jadi merupakan wujud dari gangguan mood lainnya. Mereka termasuk depresi besar musiman (juga dikenal sebagai gangguan afektif musiman), depresi postpartum, dan gangguan bipolar.

Gangguan Afektif Musiman memiliki gejala-gejala yang terlihat dengan adanya episod depresi berat. Itu adalah kambuhan dari gejala-gejala selama musim tertentu yang merupakan tanda dari tipe depresi ini.

Depresi Postpartum adalah tipe depresi yang dapat terjadi pada wanita yang baru saja melahirkan. Secara tipikal terjadi pada beberapa bulan pertama setelah melahirkan, tapi dapat terjadi kapan saja dalam tahun pertama setelah melahirkan. Gejala-gejalanya terlihat seperti episod depresi kebanyakan. Seringkali, depresi postpartum mengganggu ikatan ibu dengan bayinya. Sangat penting untuk mencari bantuan jika Anda mengalami depresi pospartum. Depresi ini berbeda dari "Baby Blues", yang berlangsung pada beberapa hari pertama setelah melahirkan dan sembuh secara spontan.

Bipolar: Sebuah Kondisi Medis Yang Berbeda

Beberapa orang dengan depresi memiliki gejala gangguan lain juga. Gejala-gejala ini bisa merupakan pikiran-pikiran yang memburu, kurang tidur, dan depresi yang terus kembali atau tidak terkontrol dengan baik oleh obat-obatan.

Gejala-gejala ini terkadang adalah tanda dari tipe gangguan mood yang berbeda yang disebut bipolar. Bipolar juga disebut manic-depresi. Ia dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengalami kadar mood yang normal. Orang dengan bipolar memiliki episod-episod mood yang dapat berubah dari rendah menjadi sangat tinggi.

Depresi bipolar berbeda dari gangguan depresif kebanyakan. Ia biasanya membutuhkan perawatan yang berbeda. Itulah mengapa diagnosis yang benar sangatlah penting.

Kata "bipolar" saat ini digunakan untuk mengindikasikan dua "kutub" emosional, atau perubahan ekstrim yang dirasakan seseorang. Ada 4 tipe utama dari hejala-gejala yang dapat dimiliki orang dengan bipolar:

Depresi

Kebanyakan orang merasa sedih dari waktu ke waktu. Orang dengan bipolar bisa merasa sangat sedih (depresi) sehingga mereka dapat bermasalah hidup secara normal. Mereka bisa tidak mau makan atau bangun dari tempat tidur. Terkadang mereka tidak bisa menikmati hal-hal yang padahal sebelumnya mereka nikmati. Bipolar bisa kembali lagi. Yang terburuk dari semuanya, seorang dengan bipolar bisa mulai berpikir untuk bunuh diri.

Mania

Mania adalah sisi lain dari bipolar. Episod mania dapat berubah dari halus menjadi sangat kasar. Mania dapat dimulai dengan perasaan energi yang tinggi. Tapi kemudian dengan segera berubah menjadi sangat, sangat tinggi atau kegelisahan. Terkadang ia bisa membawa pertengkaran dalam keluarga atau teman-teman. Beberapa orang bahkan dapat menjadi kasar dan kejam.

Hypomania

Kebanyakan tanda-tanda hypomania sama dengan mania, tapi lebih halus. Seseorang mungkin merasa lebih baik dari biasanya ataupun gelisah. Ia bahkan bisa menjadi lebih produktif dari biasanya. Tapi dengan periode "merasa-enak" dapat berubah menjadi mania atau depresi.

Episode-Episode Mood Campuran

Selama episod-episod campuran, tanda-tanda mania dan depresi dapat terjadi di saat bersamaan atau berganti-ganti sepanjang hari.

Kegelisahan & Depresi

Keduanya mungkin tampak saling berbeda, namun depresi dan kecemasan sering terjadi bersamaan. Kesepian, putus asa, dan kesedihan dari depresi dapat membuat Anda takut dan cemas. Pada gilirannya, ketakutan dan kecemasan ini bisa membuat Anda kelelahan dan menjadi lebih depresi. Ini adalah lingkaran setan, dan seringkali tidak ada cara untuk mengatakan kondisi yang mana yang lebih dulu muncul.

Gangguan kegelisahan memiliki bentuk-bentuk yang berbeda. Beberapa orang dengan kegelisahan menderita serangan panik, yang tiba-tiba datang dengan jantung berdebar-debar, sulit bernafas, dan bahkan rasa sakit. Yang lain memiliki kegelisahan yang menyebabkan mereka sering mengingat kembali kejadian-kejadian traumatis di masa lalunya. Kegelisahan dapat membuat orang ketakutan pada situasi sosial, atau memberi mereka ketakutan ekstrim pada obyek atau situasi tertentu, membuatnya mustahil untuk naik kedalam lift, misalnya.

Ada beberapa tipe gangguan kegelisahan dan masing-masing memiliki gejala-gejala yang spesifik. Namun mereka semua memiliki kesamaan-kesamaan berikut ini secara umum:
  • Rasa takut yang ekstrim, bahkan saat tidak ada bahaya yang nyata
  • Kesusahan emosional yang mencampuri kehidupan sehari-hari
  • Terlihat menghindari situasi yang bisa menciptakan kecemasan

Seperti depresi, kegelisahan dapat dirawat dengan terapi, pengobatan, atau kombinasi keduanya. Antidepresan dapat memengaruhi kecemasan yang dipenuhi dengan gangguan-gangguan kecemasan. Penyelia kesehatan Anda bisa mendiskusikan perawatan lebih lanjut untuk menangani gangguan kegelisahan dengan Anda.

ADD/ADHD

ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder) adalah permasalahan mental yang diderita 3-5% anak di Amerika (American Psychiatric Association, 1994). Ini merupakan gangguan mental seumur hidup, dengan permasalahan yang terus berlanjut hingga mencapai usia remaja dan dewasa. Dari seluruh anak yang didagnosis menderita ADHD, 70-80% di antaranya akan terus mengalami hal-hal yang sesuai dengan kriteria gangguan tersebut kala mencapai usia remaja, dan 50-70% diantaranya hingga usia dewasa. Karena gangguan yang berlangsung seumur hidup ini, maka penanganan yang diberikan juga hendaknya seumur hidup.

Tidak semua ADHD itu sama. Ada tiga jenis ADHD yang berbeda menurut DSM-IV (Diagnoatic and Stational Manual of Mental Disorders). Yang pertama adalah ADHD yang didominasi sikap masa bodoh; yang kedua adalah ADHD yang didominasi oleh sikap hiperaktif, sedangkan yang ketiga adalah ADHD campuran. Selain itu, masih ada ADHD jenis keempat yang belum teridentifikasi.

Masalah Sosial

Anak penderita ADHD mengalami banyak sekali masalah dengan lingkungan sekitarnya. Menurut Pelham dan Milich (1984), mereka paling jarang dipilih oleh rekan sebayanya sebagai sahabat karib, rekan dalam berbagai aktivitas atau teman sebangku. Laporan para guru menyatakan bahwa anak-anak ini sering terlibat pekelahian, senang menyela, serta tak disukai atau ditolak oleh teman-temannya.

Pengobatan Psikofarmakologis

Hampir 80% anak penderita ADHD ditangani dengan terapi obat-obatan. Selain itu, anak dengan gangguan perilaku komplikasi menerima pengobatan lebih banyak daripada anak yang hanya menderita ADHD saja.

Pada beberapa studi yang telah dilakukan, obat stimulan yang diberikan dua kali sehari, tiap pagi dan petang, memberikan hasil yang optimal. Pemberian obat ini memberikan efek positif pada perilaku selama di sekolah, tetapi laporan dari pihak orangtua memperlihatkan bahwa gejala-gejalanya masih terjadi saat sang anak berada di rumah kembali. Sebagai tambahan, timbul efek samping yang akut, tetapi pada kasus lainnya efek samping itu tidak muncul saat pemberian obat-obatan. Salah satu penyebabnya adalah kiurangnya kepatuhan terhadap proogram pengobatan. Dalam studi yang dilakukan selama 4 bulan, 10% oasien mengundurkan diri karena efek samping yang diderita (Schachar, Tannock, Cuningham &Corkum, 1997).

ADD Pada Orang Dewasa

Perawatan bagi orang yang mengalami gangguan berkonsentrasi (ADD = Attention Deficit Disorder) cenderung ditunjukkan pada penderita anak-anak. Banyak penderita ADD dewasa yang tidak ditangani.

Orang dewasa penderita ADD menyadari bahwa penderitaan mereka itu sudah dialami sejak masa kanak-kanak. Setelah mencermati daftar gejala-gejala ADD dengan seksama, penderita dewasa akan menemukan adanya kesamaan perilaku ketika mereka masih kanak-kanak dan setelah dewasa.

Penanganan terhadapa gangguan berkonsentrasi ini pada dasarnya sama antara anak-anak dan dewasa. Penderita ADD dewasa umumnya mengalami masalah ketika mereka harus duduk beberapa saat guna mengerjakan tugas mereka, dimana hal ini juga terjadi pada anak-anak. Orang dewasa penderita ADD mengalami masalah dalam menjalin hubungan dan mengendalikan suasana hati mereka, yang mana hal ini juga dialami penderita ADD dan ADHD anak-anak.

Perbedaan utama antara penderita ADD anak-anak dan dewasa adalah penderita dewasa lebih pintar dalam meneladani sesuatu yang berguna untuk mengubah dirinya menjadi lebih baik.

Tes Gejala ADD Bagi Orang Dewasa

Jika Anda mengalami lebih dari 10 hal berikut ini, maka Anda kemungkinan adalah penderita ADD.
  1. Merasa gelisah
  2. Biasa melakukan sesuatu berdasarkan dorongan hati.
  3. Sering merasa bingung selama melakukan hubungan seks.
  4. Sering lupa meletakkan kunci, dompet, atau benda keperluan sehari-hari lainnya.
  5. Sulit memerhatikan sesuatu secara terperinci.
  6. Mempunyai sejarah keluarga yang menderita ADD, kesulitan belajar, dan lain sebagainya.
  7. Masalah dalam mengikuti serangkaian perintah yang diberikan.
  8. Suatu  sikap "ikuti petunjuk bila yang lainnya gagal".
  9. Sering berpindah-pindah tempat kerja.
  10. Kesulitan dalam mengatur pekerjaan kantor dan rumah.
  11. Selalu terlambat atau terburu-buru.
  12. Selalu kewalahan oleh tugas-tugas sehari-hari.
  13. Tidak memiliki kemampuan mengatur keuangan dengan baik dan selalu terlambat membayar tagihan.
  14. Selalu menunda.
  15. Tidak efektif dalam memanfaatkan waktu kerja.
  16. Memilki hasil kerja yang tidak konsisten.
  17. Rasa rendah diri karena merasa gagal mencapai segala sesuatu.
  18. Perubahan perasaan yang sangat cepat.
  19. Kesulitan dalam menjalin hubungan persahabatan yang erat.
  20. Terdorong untuk mencari kegiatan yang menantang
  21. Cenderung marah secara berlebihan (bagi orang normal)
  22. Salah mengucapkan angka, huruf, dan kata.
  23. Cenderung unruk beragumentasi.
  24. Kecanduan makanan, alkohol, obat-obatan terlarang atau berjudi.
  25. Cenderung merasa khawatir tanpa sebab serta berlangsung terus-menerus.
  26. Terlalu cepat menanggapi hal-hal kecil baik nyata maupun tidak nyata.

Dokter biasanya memberikan obat antidepresan, seperti Prozac, bagi orang dewasa penderita ADD, karena masalah depresi atau tekanan jiwa sering menyertai orang dewasa penderita ADD. Dokter biasanya berganti pada obat stimulan, seperti Adderall, Concerta, Ritalin, atau Strattera bila antidepresannya gagal membuahkan hasil.

Obat stimulan ini tidak direkomendasikan bagi mereka yang menderita kecanduan narkoba atau alkohol, karena obat-obatan jenis ini memiliki potensi menimbulkan kecanduan.

Kesimpulan

Penderita ADHD merupakan orang-orang aneh dan eksentrik dengan tingkah laku yang tampak tidak wajar atau mudah meledak amarahnya. Mereka mungkin menjadi korban dari gangguankejiwaan yang tidak hanya terjadi pada anak-anak saja (Coming, 1992).

Jackson dan Ferrugia (1997) meyakini bahwa pendangan negatif terhadap dunia ini berasal dari penderita ADHD yang:

"Merasa bahwa tak seorang pun memahami betapa susahnya mereka bekerja secara teratur, hidup secara terorganisasi, membina hubungan persahabatan dan menentukan tujuan mereka sendiri. Mereka makin patah semangat bila orang di sekitar mereka memberikan nasihat mengenai apa yang "seharusnya" mereka lakukan dan seperti apa "seharusnya" diri mereka."

Hayes (1992) menyatakan: "Orang dewasa yang menderita keterlambatan juga memahami bahwa kesuksesan atau kegagalan mereka lebih dipengaruhi oleh kemampuan bersosialisasi ketimbang pengetahuan akademis mereka."

Orang dewasa penderita ADHD perlu untuk belajar menyelubungi gejala-gejala penyakit itu, setidaknya pada saat-saat tertentu dalam hidup mereka. Mereka terlalu bertumpu pada kemampuan orang lain, seperti kecerdasan yang harus mereka capai, atau berusaha mewujudkan sifat-sifat orang lain seperti perilaku obsesif-kompulsif (Shaugnessy, & Martin, 1998), sebagaimana halnya mengendalikan lingkungan mereka dengan mengurangi atau menambah stimulasi sesuatu kebutuhan. Shaugnessy & Martin juga menunjukkan bahwa mengambangkan kemampuan untuk meneladani hal-hal baik merupakan terapi yang cukup efektif, mengingat sekitar 50% dari mereka dapat menghentikan konsumsi obat-obatan.

ADHD memengaruhi penderitanya seumur hidup mereka, mulai dari rumah, lingkungan akademis hingga kehidupan bermasyarakat yang bisa menimbulkan masalah bagi orang lain dan diri sendiri. Terlepas apakah itu merupakan suatu julukan semata atau hasil diagnosis medis, kita memiliki kemampuan untuk menangani kondisi ini baik melalui pengobatan dan terapi kejiwaan aktif baik secara pribadi, persilangan, serta kelompok.

Jika orangtua mencurigai adanya gangguan ADHD pada anak-anak mereka, maka yang harus dilakukan adalah:

  • Berkonsultasilah dengan ahli jiwa, psikolog, ahli saraf anak, atau dokter spesialis anak-anak langganan Anda guna meminta saran terbaik mereka.
  • Bersabarlah ketika anak Anda didiagnosa mengidap gangguan ini, dan yakinilah bahwa diperlukan waktu yang cukup lama untuk memperoleh kemajuan bagi si penderita.
  • Yakinilah jika anak Anda masih memiliki kelebihan. Dukunglah kekuatan, kemampuan, serta buktikan perasaan dalam diri mereka bahwa mereka berharga bagi Anda, keluarga, dan lingkungan sekitar.
  • Ingatlah dalam beberapa kasus, rasa gagal, frustasi, rendah diri, dan tekanan kejiwaan yang biasa dialami penderita, menimbulkan masalah yang lebih berat dibandingkan kelainan atau gangguan itu sendiri.
  • apatkan informasi lebih akurat yang berkaitan dengan gangguan ini dari perustakaan, internet atau sumber-sumber lainnya.
  • Bicaralah atau bertukar pikiran dengan keluarga lain yang memiliki anak penderita ADHD juga.
  • Berjumpa dan bergabunglah dengan organisasi atau perkumpulan yang anggotanya terdiri dari leuarga yang punya masalah yang sama.
Perlu diperhatikan, jika perawatan ini tidak mampu lagi mengatasi gejala-gejala yang diderita, maka metode terapi gabungan antara penggunaan obat dan perubahan perilaku kemungkinan besar akan mampu memberikan hasil baik bagi anak pendertia ADHD.

Learning Disorder



Learning Disorder/Disabilities (LD) atau Gangguan Belajar adalah keterbelakangan yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk menafsirkan apa yang mereka lihat dan dengar. LD juga merupakan ketidakmampuan dalam menghubungkan berbagai informasi yang berasal dari berbagai bagian dalam otak. Kelemahan ini akan tampak dalam beberapa hal, seperti kesulitan bicara, menulis, koordinasi, pengendalian diri atau perhatian. Kesulitan-kesulitan ini tampak ketika penderita melakukan kegiatan-kegiatan sekolah, dan menghambat proses belajar membaca, menulis, atau berhitung yang seharusnya ia lakukan.

Kesulitan belajar dapat dibagi menjadi 3 kategori besar:
  1. Kesulitan dalam berbicara dan berbahasa
  2. Permasalahan dalam hal kemampuan akademik
  3. Kesulitan lainnya, yang mencakup kesulitan dalam mengoordinasi gerakan anggota tubuh serta permasalahan belajar yang belum dicakup oleh kedua kategori diatas.


Kesulitan Dalam Berbicara dan Berbahasa

Orang yang mengalami kesulitan jenis ini menemui kesulitan dalam menghasilkan bunyi-bunyi bahasa yang tepat, berkomunikasi dengan orang lain melalui penggunaan bahasa yang benar, atau memahami apa yang orang lain katakan.

Gangguan Kemampuan Akademik

Keterlambatan dalam membaca

Tipe gangguan ini disebut juga dengan diseleksia. Pada kenyataannya, kesulitan membaca dialami oleh 2-8 persen anak sekolah dasar.

Siapapun dapat mengalami kendala dalam memahami sebuah bacaan. Para ahli berpendapat bahwa penderita diseleksia mengalami ketidakmampuan dalam membedakan dan memisahkan bunyi dari kata-kata yang diucapkan. Contoh, Dennis tidak dapat memahami makna kata "bat" dan malah mengeja satu per satu huruf yang membentuk kata itu: b, a dan t.

Dalam tingkatannya yang lebih tinggi, kesulitan memahami bacaan dapat beralih dari sekadar mengenali kata-kata menuju pada pemahaman susunan kata-kata dalam sebuah kalimat yang lengkah. Seseorang yang menderita gangguan membaca mungkin akan segera melupakan kata-kata yang baru saja dibacanya, sehingga akhirnya tidak dapat memahami apa yang hhendak diungkapkan oleh kalimat itu.

Keterlambatan dalam menulis

Seorang anak yang memiliki kesulitan dalam membaca serta mengekspresikan gagasan atau ide dalam bentuk bahasa yang baik dan benar, kemungkinan besar menderita ketidakmampuan dalam menyusun kalimat yang lengkap serta benar.

Keterlambatan dalan berhitung

Berhitung melibatkan pengenalan angka-angka, pemahaman berbagai simbol matematis, mengingat berbagai fakta seperti tabel perkalian, dan pemahaman konsep-konsep abstrak seperti nilai tempat serta pecahan. Hal ini mungkin terasa sulit bagi anak-anak penderita kesulitan berhitung. Masalah dengan angka-angka atau konsep dasar sepertinya datang sejak awal. Sedangkan masalah yang berhubungan dengan matematika yang baru terjadi pada kelas-kelas terakhir lebih sering berkaitan dengan logika.

Banyak aspek dari berbicara, mendengarkan, membaca, menulis dan berhitung itu saling tumpang tindih serta bersatu-padu membangun apa yang disebut dengan fungsi kemampuan otak. Jadi, tidaklah aneh bila ada orang yang didiagnosis mengalami lebih dari satu kesulitan belajar.

Kesulitan Dalam Memusatkan Perhatian

Hampir 4 juta anak sekolah menderita kesulitan belajar. Berdasarkan data yang ada, 20% dari mereka mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian.

Anak-anak maupun orang dewasa yang menderita kesulitan dalam memusatkan perhatian biasanya gemar melamun secara berlebihan. Namun ketika mereka berhasil fokus pada suatu hal, perhatian itu dengan segera terlaihkan pada hal lain, seringkali hal-hal kecil seperti semut yang melintas diatas buku yang sedang dibacanya.

Penderita ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder) - Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif pada anak-anak, yang sebagian besar diderita anak laki-laki, gangguan perhatian sering diikuti dengan sikap yang hiperaktif.

Anak-anak yang hiperaktif tidak sanggup duduk tenang. Dalam bermain, mereka tidak sanggup menunggu giliran. Hal ini sulit diabaikan begitu saja. Karena adanya ledakan energi ini, anak-anak ini sering bermasalah dengan orangtua, guru dan teman-temannya.

Pada orang dewasa, tindakan hiperaktif tampak sebagai kegugupan, kegelisahan, dan sulit mengantri dalam barisan. Namun masalah yang berkaitan dengan perhatian dan berkonsentrasi ini terus berlanjut hingga mereka dewasa, misalnya di tempat kerja dan tempat-tempat umum.

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Kesulitan Belajar

Gangguan Perkembangan Otak Semasa Bayi Masih Berupa Janin

Pada masa awal kehamilan, cikal bakal otak terbentuk. Fungsinya masih sebatas mengendalikan fungsi-fungsi kehidupan yang paling dasar, seperti bernafas dan mencerna. Belakangan terbentuklah suatu celah pembagi yang membagi serebrum - bagian otak yang berfungsi untuk berpikir - menjado dua bagian: kiri dan kanan. Akhirnya, terbentuklah bagian-bagian yang berperan dalam proses pengindraan bersamaan dengan terbentuknya organ-organ indra. Begitu pula halnya dengan bagian-bagian lain yang berfungsi untuk memusatkan perhatian, berpikir dan emosi.

Ketika sel-sel baru terbentuk, ia bergerak ke tempat lainnya guna membentuk berbagai struktur otak. Sel-sel saraf dengan cepat bertumbuh serta membentuk jaringan dengan bagian otak lainnya. Jaringan inilah yang memungkinkan suatu informasi dapat diterima berbagai bagian otak secara bersamaan.

Sepanjang masa kehamilan, perkembangan otak ini rentan sekali mengalami gangguan. Jika gangguan atau permasalahan terjadi pada awal masa kehamilan, maka sang janin mungkin sekali akan mati, atau bila sempat lahir akan mengalami cacat bawaan serta gangguan mental.

Faktor Genetik

Sebagai contoh, anak-anak yang memiliki kelemahan dalam membaca, dan demikian pula halnya dengan kesulitan dalam memadukan berbagai bunyi bahasa dan kata sehingga menjadi kesatuan makna, kebanyakan memiliki orangtua yang juga mengalami masalah serupa. Kendati demikian, kesulitan belajar yang dialami orangtua sedikit berbeda dengan yang dialami anaknya. Orangtua yang menderita kelemahan dalam menulis kemungkinan memiliki anak yang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan gagasan atau idenya dengan bahasa yang baik dan benar. Inilah alasan mengapa kesulitan belajar tampaknya tidak diturunkan secara langsung. Apa yang mungkin diturunkan adalah disfungsi otak yang dapat mengarah pada kesulitan belajar.

Beberapa wujud kesulitan belajar juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Sebagai contoh, orangtua yang mengalami kesulitan dalam berbahasa barangkali akan berbicara lebih sedikit kepada anaknya, atau bahasa yang digunakan orangtua kepada anaknya itu juga tidak benar. Dalam kasus seperti ini, sang anak telah memiliki teladan yang salah dalam hal berbahasa dengan benar. Itulah sebabnya mengapa sang anak tampak mengalami kesulitan berbahasa.

Rokok, Alkohol dan Penggunaan Narkoba

Para ahli menemukan bahwa seorang ibu yang merokok selama kehamilannya kemungkinan besar akan melahirkan seorang bayi dengan berat dan ukuran yang lebih kecil. Ini penting sekali diperhatikan, karena bayi yang terlahir dengan berat kurang dari 5 pon, sangat rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk gangguan atau kesulitan dalam belajar.

Alkohol juga berbahaya untuk perkembangan otak janin. Ini terjadi karena kemungkinan besar alkohol akan mendistorsi perkembangan neuron. Alkohol dengan kadar tinggi yang dikonsumsi pada masa kehamilan berkaitan erat dengan sindrom gangguan pada janin karena alkohol (fetal alcohol syndrome), suatu kondisi yang dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat yang terlampau ringan, menurunnya tingkan kecerdasan, hiperaktif, serta beberapa cacat fisik lainnya. Jadi, mengonsumsi alkohol selama masa kehamilan dapat memengaruhi perkembangan anak dan menimbulkan masalah dalam proses belajar, perhatian, mengingat, atau memecahkan masalah.

Obat-obatan terlarang seperti kokain, khususnya yang dihisap, kemungkinan besar dapat menyebabkan efek negatif terhadap perkembangan sel reseptor otak. Para peneliti meyakini bahwa kesulitan belajar dan ADHD, kemungkinan berkaitan dengan sela reseptor yang rusak ini.

Masalah Selama Kehamilan dan Kelahiran

Dalam beberapa kasus, sistem kekebalan tubuh seorang ibu bereaksi terhadap janin dan menyerangnya seolah-olah ia adalah infeksi penyakit yang menyerang sang ibu. Permasalahan semacam ini mungkin menyebabkan sel-sel otak baru terposisikan pada bagian yang salah dalam otak.Selain itu, selama proses kelahiran, tali pusar mengalami pembelitan sehingga menghambat aliranoksigen ke janin. Hal ini pada gilirannya melemahkan fungsi otak dan menyebabkan LD.

Racun di Lingkungan Sekitar Anak-Anak

Selama setahun setelah bayi dilahirkan, sel-sel otak baru dan jaringan saraf masih terus berkembang. Selsel ini juga rentan terhadap kerusakan.

Kadmium dan timah hitam, yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar kita, menjadi fokus utama penelitian saraf. Kadmium yang digunakan dalam proses pembuatan produk baja, dapat dengan mudah ditemukan dalam tanah dan makanan yang kita makan. Timah hitam banyak terkandung dalam bahan bakar, cat, dan juga pipa air. Penelitian terhadap binatang, yang disponsori Lembaga Kesehatan Nasional, menunjukkan adanya hubungan antara timah hitam dan kesulitan belajar. Tikus yang terkontaminasi oleh timah hitam, mengalami perubahan pada gelombang otaknya, sehingga menghambat kemampuan belajarnya. Masalah dalam belajar ini berlangsung selama beberapa minggu dan berakhir ketika tikus itu tidak lagi terkontaminasi timah hitam.

Perbedaan Pada Otak

Penelitian terbaru menyatakan adanya kemungkinan variasi dari bagian otak yang disebut dengan planum temporale, area yang berhubungan dengan bahasa yang ditemukan pada kedua belah otak. Pada penderita diseleksia, kedua bagian tersebut mempunyai ukuran yang sama. Sebaliknya, pada orang normal, bagian kiri planum temporale memiliki ukuran yang lebih besar. Sebagian peneliti yakin bahwa kesulitan membaca dipengaruhi oleh perbedaan ini.

Dalam penelitian lebih lanjut, para ahli berharap untuk dapat mempelaharinya secara bertahap tentang bagaimana perbedaan struktur dan proses kerja otak ini menyebabkan kesulitan belajar, serta bagaimana mengusahakan agar bentuk fisik otak mereka sama dengan orang normal.

Obat-Obatan Yang Tersedia

Selama hampir enam dekade, banyak anak yang menderita gangguan pemusatan perhatian memperoleh manfaat dari terapi obat-obatan. Tiga macam obat-obatan yakni Ritalin (methylamphenidate), Dexedrine (dextroamphetamine), dan Cylert (pemoline), telah sukse dipergunakan. Meskipun demikian, obat-obatan ini merupakan stimulan dengan kategori yang sama dengan obat diet. Obat-obatan ini jarang sekali membuat seorang anak merasa "tinggi" atau gelisah, melainkan dalam jangka waktu teretentu membantu sang anak mengendalikan dorongan hati mereka yang meledak-ledak serta perilaku hiperaktif mereka.

Dalam Sosial, Lingkungan dan Keluarga

Anak yang bermasalah menyerap apa saja yang dikatakan orang lain secara serampangan mengenani diri mereka. Mereka mungkin melabeli dirinya sendiri dengan "terbelakang", "lambat", atau "berbeda." Kadang-kadang mereka tidak memahami letak perbedaan mereka dengan orang normal, tetapi yang pasti mereka merasakan betapa menyakitkannya hal itu. Penderitaan atau rasa malu yang mereka alami dapat menyebabkan mereka bereaksi dengan berbagai cara, mulai dari penarikan diri sepenuhnya terhadap orang-orang di sekitar mereka hingga memasang sikap permusuhan. Seperti berkelahi, memutuskan untuk berhenti sekolah, atau mengisolasi diri dan jatuh dalam depresi kejiwaan.

Anak yang menderita ADHD kemungkinan memiliki kebiasann menarik diri dan bertengkar. Anak dengan kesulitan belajar kemungkinan besar lebih menyukai bergaul dengan anak yang usianya lebih muda, tetapi memiliki level kemampuan yang sama. Anak-anak ini mungkin juga menjadi penyebab dari masalah-masalah sosial.

Semakin banyak kegagalan yang mereka hadapi, makin besar pula kemungkinan mereka melakukan tindakan dengan maksud melampiaskan rasa frustasi dan rendahnya rasa percaya diri. Semakin sering meeka melampiaskannya, semakin sering pula mereka harus menerima hukuman, sehingga pada gilirannya makin menurunkan rasa percaya diri mereka.

Mereka tidak dapat memperkirakan akibat dari tindakannya, menyalah-tafsirkan tanggapan-tanggapan di lingkungan sekitarnya, dan kurang dapat menyesuaikan perilakunya dalam situasi sosial yang berbeda-beda. Karena itu mereka terkadang diasingkan dan ditolak oleh rekan-rekan sebayanya. Diperparah lagi oleh kelemahan akademis, mereka akans emakin mengalami rendah diri serta kurang berharga.

Memiliki anak yang mengalami kesulitan belajar menyebabkan keluarga menanggung beban emosional. Orangtua sering mengalami beban emosional, penolakan, sikap menyalahkan diri sendiri, frustasi, marah dan putus asa.

Tidak Dapat Disembuhkan

Meski banyak orang tidak mampu mengatasi kelemahan fungsi otak mereka, tetapi mereka belajar untuk menyesuaikan diri dan menjalani kehidupan. Beberapa dari mereka menciptakan kehidupan mereka sendiri dengan tidak melalui kesembuhan, melainkan melalui pengembangan kekuatan personal mereka. Mereka mencoba menikmati bakat mereka yang lain. Jadi, meskipun gangguan kelambatan belajar itu tidaklah lenyap, namun dengan memberikan pengalaman belajar yang benar, seseorang dapat memiliki kemampuan yang luarbiasa untuk belajar. Fleksibilitas otak untuk mempelajari kemampuan baru ini barangkali merupakan hal terbesar dalam tahun-tahun awal kehidupan seorang anak, dan akan hilang setelah masa pubertas. Inilah sebabnya mengapa interveni dini itu begitu penting. Terlepas dari semua itu, kita harus memperrtahankan kemampuan belajar seumur hidup kita.

Mukulin Rumah Pake Roti? Inilah 6 Tradisi & Kepercayaan Unik Seputar Tahun Baru

 Ada banyak tradisi dan kepercayaan seputar tahun baru dari berbagai negara dan budaya. Kalau di daerah atau keluarga kamu tradisinya sepert...